Pretty Little Things

3 Oct 2013

Cara supaya anak mau sekolah tanpa ditemenin

Hahaha.. Judulnya diatas agak menyesatkan sih, sebenernya ini pengalamanku aja waktu Loretta awal2 masuk playgrup.

Umurnya sudah 2 tahun lebih 3 bulan waktu aku ngelobi preschool deket rumah untuk Loretta ikutan masuk playgrup. I know, playgrup itu untuk anak umur 3 tahun n aku sudah dengar segala macam cerita tentang jangan sekolahin anak terlalu dini blablabla.. we're not talking about that today!

Jadi akhirnya Loretta masuk dikelas playgrup yang isinya anak2 antara 2-4 tahun. awal masuk kelas Lorettanya ngotot minta ditemenin, untungnya sekolahnya juga gak terlalu ketat gak ngebolehin ortu untuk nemenin sama sekali (ada kok yang kaya gitu) Ya karna aku kesian juga kalo dia langsung ditinggal, kan mungkin aja dia perlu adaptasi n ngerasa aman kalo ada emaknya disisinya.

Ternyata eh ternyata Lorettanya malah kebablasan. Hampir 2 bulan aku nemenin dikelas n ikuta sekolah jadi anak playgrup. tentu aku gak sendiri, ada beberapa ibu2 juga yang anaknya masih ditemenin. bahkan  ada ibu2 yg udah hampir setahun nemenin anaknya dikelas. Ada ibu2 yag tega2 aja ninggalin anaknya lalu anaknya nangis guling2 ampe sejam lebih lalu lupa n dia baik2 aja. Tiap hari begitu sampe si anak akhirnya terbiasa n gak nangis lagi. Aku pengen juga sih ngeluarin jurus tega kaya gitu, tapi rupanya mentalku yang kurang siap untuk merelakan Loretta nangis. ish...

Karna mulai kesel harus ikutan dikelas terus, aku konsultasi ke psikolog anak, gimana caranya anakku biar mandiri n mau dikelas sendiri tanpa dijagain n aku juga ga mau pake acara drama nangis guling-guling. Dari hasil observasi psikolognya ternyata aku dijajah abis-abisa ama Loretta plus aku juga terlalu ikut campur dalam setiap keputusannya. helloo dia masih 2 tahun, belum bisa buat keputusan, gitu sih pikirku.. Keputusan yang dimaksud adalah kalo ada pelajaran mewarnai n dia gak mau mewarnai, aku ngebujuk2 sedikit maksa supaya dia mau mewarnai, atau kalo dia mau mewarnai bendera pake warna hitam n hijau instead of merah n putih aku juga ikut campur nyuruh n ngasi tau bendera itu harusnya merah putih, gitu deh!

Walopun agak gak rela aku pikir ada benernya juga sih. Jadi pelan pelan akupun mulai belajar merelakan dia mau mewarnai pake warna apa aja, mau mewarnai atau enggak, mau duduk dilantai atau dikursi, terserah aja dah. Aku gak ikut campur. Aku disaranin kalo misalnya gak setuju dengan keputusan dia supaya ngasi dia pilihan. Contohnya: Loretta mau mewarnai gambar pohon atau gambar kelinci? Loretta mau duduk dikursi yang  pink atau yang orange? gak ada pilihan duduk dilantai n gak ada lagi ancaman kalo duduk dilantai nanti digigit semut dsb..

Walopun suka gemes juga dikelas ngeliat dia mewarnai leleet banget, atau tukar tukar kursi berkali kali, aku menahan diri untuk gak ikut campur. Biar dia n miss nya (ibu guru) yang saling berinteraksi. Aku cuma hadir aja dikelas tapi gak ngerecokin.

Pada suatu hari, setelah genap 5 bulan nemenin dikelas n hapal semua lagu2 playgrup Loretta ga mau mewarnai lagi n aku gemeeees setengah mati n gak tahan mau ngomong. lalu aku ngomong Loretta kalo ga mau mewarnai mommy diluar aja ya (emang sih ngancem, tapi udah ga tahan booo.) lalu tanpa disangka sangka dia mengangguk. "Iya mommy diluar aja dah, katanya!"

Aku lalu beneran jalan keluar kelas, n dia  cuek aja. aku gak ditarik tarik, atau ditangisin. Dari luar kelas aku liatin dia main sama teman2nya. Aku terharu, bangga n sedih. Bangga karna (akhirnya) dia mau mandiri, sedih karna duuuh kok rasanya kaya gak dibutuhkan lagi, hiks!

Besoknya aku antar kesekolah, dia baik2 aja, ditinggal juga gak nangis atau apa. Mungkin dia sudah siap, mungkin sudah cukup waktu untuk dia beradaptasi dengan lingkungan sekolah barunya. Memang butuh waktu agak lama tapi aku senang karna bisa melepasnya ketika dia benar2 siap..

Sekarang aku sudah kaya ibu2 yang lain. Ngantar anak sampe depan sekolah aja, lalu dadah2.. lalu nanti jemput n meluk dia yang udah bau keringat n acak2an.. Priceless!
Read More

About Me

My photo

I am trapped between raising a busy toddler and sewing. I love ice cream and can't live without my gadgets. I write to relieve my stress and I blog things that are useful or useless. both of them are important to me. They are the pretty little things in my life.

Follow by Email

Designed By Seo Blogger Templates