Pretty Little Things

27 Sep 2011

Baby picnic

Hari minggu kemaren pas mertuaku dateng, kami ngajakin mereka pergi mandi di air panas Belulang di Tabanan. Ada banyak tempat air panas kayanya diTabanan tapi suamiku paling favorit di Belulang ini, soalnya tempatnya sepi, walaupun kecil sih...

Aku pun mikir siapa tau nanti Loretta mau ikutan mandi air panas juga, jadi kubawain juga baju renang n neck ringnya, sekalian aku buatin makanan buat kami piknik nanti disana.

Sampe di tempat air panas, alamak ternyata airnya panas banget *yah menurut lo?* namanya juga air panas, bukan air anget hehehe.. aku jadi takut ngajakin Loretta mandi ntar kulitnya kebakar saking panasnya tu air.

Jadi sementara suamiku n mertuaku menikmati berendam air dari sumber mata air panas, aku n Loretta piknik disawah-sawah deket situ. Romantis kan kami..

ini foto-fotonya:




Read More

26 Sep 2011

Purse and Wristlet yang Baru

Duuh, berasa sibuk banget sampe gak sempet ngeblog *padahal sibuk twitteran*. Aku sibuk belanja kain, ngejait, ke tukang jait, belanja kain lagi, jait lagi, dan seterusnya. Yah penjualan mula agak lumyan jadi aku agak-agak sibuk mempersiapkan model baru buat launching New Arrival, cieee..

Yak silahkan ngintip hasil sibuk-sibuk minggu kemaren. Aku belum sempat sih update Utary Shop atau diFacebook.

Maklum aja aku aku suka bingung antara membagi waktu sama anak, menjahit, bikin foto n upload ke web. Yang ini aja baru buat sedikit eh malah udah ada yang beli, terpaksa deh aku bikin lagi supaya kiriman ke Pasaraya nanti gak kurang ^_^
Read More

3 Sep 2011

Tutorial Cara Membuat Rok Kerut dengan pinggang karet

Cara membuat rok kerut dengan benang karet ini gak terlalu susah kok, termasuk untuk penjahit pemula (kaya aku). Yuk mari kita buat. Pertama-tama kita siapkan bahannya yaitu kain untuk bagian luar dan kain untuk lapisan bagian dalam. Aku make masing-masing satu meter.
Ukur dulu bagian pinggangnya pake meteran. Punyaku ini sizenya 84 cm (gede yah! yah maklum abis melahirkan *cari alasan*) trus ukur juga mau panjangnya berapa. Aku suka roknya pas selutut jadinya 54cm. Lalu potong kainnya sesuai ukuran tadi. Punyaku jadinya 84 cm x 54 cm.Potong masing-masing 2 pcs untuk bagian depan dan belakang. Jadi ada 4 potongan. 2 potong kain bagian depan dan 2 potong kain untuk lapisan dalam. Jangan lupa ditambahin 1,5 cm untuk jahitan. Dan kain bagian dalamnya juga dipendekin 10 cm, gak mau dong nanti kain bagian dalamnya "balapan" ama luarnya hehehe..
 Oya buat yang nanya kok potong kainnya 2 x 84 cm kan jadinya gede banget nanti.. hmmm aku memang sengaja buat begitu supaya kainnya jadi 2 kali lipat dan nantinya akan mengkerut jadi setengahnya setelah dijahit.

Lalu sambung masing-masing kain sehingga didapat kain yang panjangnya 2 kali lipat ukuran pinggang. Habis itu jahit jadi satu bagian dalam dan luarnya. Dan jangan lupa jahit juga bagian bawah rok supaya ujung-ujung kainnya gak keliatan kalau mau dineci juga boleh.

Siapkan benang karet. Ada 2 jenis benang karet dijual dipasar. ada yang keci ukurannya 0.5 mm dan ada juga yang besar ukuran 1mm. Seperti foto dibawah ini. Aku pake yang ukuran 1 mm warna item biar lebih mantap kerutannya :-)
Untuk menjahit dengan benang karet, kita harus ngegulung sendiri benangnya dispool, jadi jangan digulung mesin. Kenapa? gak tau juga ya, kalo digulung mesin suka gak bisa :-(

Jadinya kaya foto diatas, dan tinggal dipasang aja seperti masang benang jahit biasa di mesin jahitnya
Setelah itu jahit dibagian atas roknya dengan kain bagian luar menghadap keatas. Jangan lupa ujung2nya dijahit maju mundur dikit supaya karetnya gak cepet lepas.

Nah seperti foto diatas, bagian yang sudah dijahit akan berkerut-kerut. Terus aja jahit sampai ujung, kemudian buat jahitan baru lagi dibawah jahitan yang tadi.

Karena kainnya sekarang sudah berkerut, untuk jahitan kedua mesti agak ditarik supaya kerutannya gak ikut kejait. Supaya rapi sih bisa dibuat garis-garis dulu kali ya, tapi karna aku agak males, aku cuma pake panduan ujung sepatu mesin jahit disamping jahitan yang pertama, seperti foto diatas.

Silahkan diulangi proses menjahit ini sampe nemu jumlah kerutan yang pas sesuai kesukaan masing-masing kali ya. Aku ngebuat sekitar 8 baris supaya agak tebal. Semakin banyak baris jahitan yang dibuat semakin agak susah ngelurusin pas ngejahitnya karena kerutannya sudah semakin banyak.  Tapi jangan menyerah ya, pelan-pelan aja n kalo ada yang gak rapi gapapa karna nantinya akan berkerut jadi gak terlalu keliatan.

Taraaaa. kalo sudah jadi bentuknya kaya gini
Tampak Depan

Tampak Belakang
Close up kerutannya dari depan

close up kerutannya bagian dalam
 Kalau sudah selesai bikin kerutan, jangan lupa ganti benang yang di spoolnya dengan benang biasa, lalu sambung bagian samping rok supaya jadi rok. bisa juga diobras bagian jahitannya biar rapi, atau dijait zigzag pinggirnya.
Selesai.. roknya sudah jadi, gak terlalu sulit kan...
Sekarang waktunya jalan jalan pake rok baru. Yay!


 





Read More

About Me

My photo

I am trapped between raising a busy toddler and sewing. I love ice cream and can't live without my gadgets. I write to relieve my stress and I blog things that are useful or useless. both of them are important to me. They are the pretty little things in my life.

Follow by Email

Designed By Seo Blogger Templates