Pretty Little Things

27 Jun 2011

Mandi Hujan

Hujan turun dengan deras ketika kami dalam perjalanan pulang sehabis bermain di Pantai Kuta Lombok. Sepanjang perjalanan semua terlihat abu-abu, selain karena mendung dan hujan, tanah gersang dijalan yang kami lalui menambah suram suasana.

Ketika melewati perkampungan penduduk, mobil yang kami tumpangi berjalan lambat. ada banyak anak-anak dan ibu-ibu juga bapak-bapak berjalan disisi jalan. Suasananya persis seperti hari minggu pagi ketika banyak keluarga mengajak anak-anaknya untuk jalan pagi. Bedanya kali ini sedang hujan.

Awalnya aku tidak menaruh perhatian pada fenomena itu, aku lahir dan besar di Lombok, hal seperti itu sudah biasa kulihat, sampai temanku memecah keheningan dengan bertanya kenapa banyak orang yang keluar pada waktu hujan seperti ini?

Ibuku langsung tertawa mendengar pertanyaan temanku. Temanku itu memang baru pertama kali ke Lombok dan selama ini ia tinggal di Bali. Ibuku menjelaskan bahwa disini jarang hujan sehingga ketika hujan turun orang-orang keluar untuk mandi hujan.

Mandi hujan? apa tidak jadi sakit nantinya? banyak lagi pertanyaan yang diajukan temanku. Aku baru sadar bahwa selama ini aku tinggal di Bali, tidak ada yang sengaja keluar untuk bermain dibawah hujan. Seingatku waktu berkunjung ke kota-kota lain, belum ada yang kulihat sengaja mandi hujan.

Ya mandi hujan sudah menjadi hal yang biasa dikota kecil kami di Praya, Lombok. Sewaktu aku kecil sampai remaja kadang bila hujan turun dengan deras, kami keluar untuk bermain bersama yang lain. Banyak orang yang keluar untuk mandi hujan. kami bermain dengan baju dan tubuh yang basah kena hujan, kadang bermain bola, kadang hanya berlari-larian dilapangan rumput yang becek. Orang tuaku juga sering mandi hujan, biasanya sambil bekerja membersihkan got yang mampet atau hanya sekedar menikmati hujan membasahi tubuh mereka.

Sehabis bermain dibawah hujan yang deras, kami membilas tubuh dikamar mandi, lalu memakai baju hangat, minum teh atau susu coklat hangat dan ibuku akan membuat pisang goreng atau ubi goreng dan kami semua makan dengan lahap karena kedinginan.

Apakah ada daerah lain yang juga menikmati mandi hujan seperti kami?


1 comment:

  1. yeah...jaman dulu sih mandi ujan asik2 aja, sekarang musti mikir dua kali karena konon air hujan sekarang sudah acid n tak sesehat dulu... :((

    ReplyDelete

About Me

My photo

I am trapped between raising a busy toddler and sewing. I love ice cream and can't live without my gadgets. I write to relieve my stress and I blog things that are useful or useless. both of them are important to me. They are the pretty little things in my life.

Follow by Email

Designed By Seo Blogger Templates