Pretty Little Things

22 May 2011

Burung kecil yang malang

Hari ini, out of the blue tiba2 aku dengar suara kresek-kresek yang aneh dari tanaman rendah dihalaman rumahku. Karna takut itu semacam ular atau binatang menggelikan lainnya. Aku suruh Vanilla anjingku untuk nyari tau apa itu.

Vanilla langsung mengejar mahkluk yang bersuara kresek2 itu n tiba-tiba aku liat burung kecil yang ketakutan bersuara kuuurrr kiirrr sambil lompat-lompat. OMG! aku langsung nyuruh vanilla berhenti ngejar burung kecil itu. Burung itu langsung kuangkat n kubawa masuk. Sepertinya dia masih bayi n sayapnya berdarah. Haduuh untung belum sepat diapa-apain ama si Vanilla.
Aku langsung merasa bersalah karna udah nyuruh vanilla nakut2in mahkluk kecil tak berdaya yang ternyata burung gelatik kecil. Karna rumahku dideket sawah memang banyak banget burung gelatik yang suka nyuri padi-padi n biasanya bikin pak tani jadi marah-marah.

Aku obatin sayapnya pake obat merah. mungkin dia baru belajar terbang. Dia berusaha terbang tapi gak bisa. Aku jadi kasian. aku buatin sarang dari otak sepatu yg kuisi kain2 bekas. Burung itu aku kasi nama Kuru-kuru... oke namanya memang konyol tapi nama itu yg pertama melintas dipikiranmu waktu ngeliat burung itu lompat2 kecil ketakutan.

Kuru-kuru kukasi makan beras yg kutumbuk halus n dikasi sedikit air. tapi dia gak mau makan. sepanjang siang dia ngeluarin suara kir-kir-kir, aku coba ngelepas dia disawah tapi dia bener2 gak bisa terbang. Aku bahkan ngangkat da ditanganku tinggi2 waktu sekumpulan burung gelatik lewat disawah tapi sepertinya burung2 gelatik itu gak ada yg peduli sama dia.

Aku sungguh2 kasian sama dia. sekali dia berhasil terbang sampe kejendela, aku biarin tapi dia gak terbang2 lagi. Dia juga sempat tidur siang n lucunya dia tidur, kepalanya ditekuk kedalam, jadi dia keliatan seperti burung tanpa kepala. Malamnya karna takut dia kedinginan atau dimakan binatang lain, aku taro kotak sarangnya dipojokan dapur n kukasi banyak kain supaya hangat.

Sungguh malang, pagi2 aku liat kuru-kuru sudah terkapar tak bernyawa. Sedih rasanya... entah kenapa dia mati? kedinginan, karna luka disayapnya, stress, kelaparan atau merasa ketakutan? Aneh rasanya kehilangan dia yang baru sehari kupelihara, aku bahkan ngerasa sebenernya akulah yang menyebabkan dia mati. Mungkin kalau dia kulepas, walaupun belum bisa terbang dia akan selamat, atau mungkin juga mati tapi aku gak akan tau sehingga gak ngerasa sedih.

Aku kuburkan dia didekat sawah, didekat padi-padi yang biasa banyak burung gelatiknya. Good bye kuru-kuru..



No comments:

Post a Comment

About Me

My photo

I am trapped between raising a busy toddler and sewing. I love ice cream and can't live without my gadgets. I write to relieve my stress and I blog things that are useful or useless. both of them are important to me. They are the pretty little things in my life.

Follow by Email

Designed By Seo Blogger Templates