Pretty Little Things

6 Feb 2011

Day 5 #Misi21 : Belajar Membuat Donat

Haa.. Aku memang gak bisa masak atau buat kue, tapi sejak aku menikah n punya rumah sendiri, aku jadi rajin beli buku-buku resep masakan n nyoba-nyoba masak sendiri. Hari ini aku punya misi untuk belajar buat kue.

Peralatan dirumahku sih gak lengkap, jadi aku mesti buat kue yang gampang dibuat n gak membutuhkan oven, karena aku ga punya. So keputusan jatuh ke membuat donat. Ahay! Kayanya sih gak susah ya, n suamiku juga doyan banget donat, jadi gak ada salahnya aku belajar buat.

Bahan-bahannya cuma, tepung terigu, telur, mentega, air es, ragi sama meises dan gula halus untuk taburannya nanti.Sepertinya gampang nih.

Pertama-tama tepung terigu 7 sendok makan dicampur sama ragi 1/2 sendok makan. Masukkan telur satu butir n diaduk aduk sampe berbutir butir trus ditambahin air es sedikit sedikit biar adonannya mau menyatu. Aku ngaduk-ngaduk pake tangan aja, jadi lengket semua di jariku. Kalo terlalu lengket bisa dilepas pake tepung terigu aja ditabur trus digosok-gosok. Abis itu campur dengan satu sendok mentega trus diaduk-aduk lagi, ditekan tekan diputer-puter sampai adonannya jadi kalis.

Jadi inget iklan rokok jaman dulu banget yang tukang roti lagi buat adonan n ngebayangin dirinya lagi dipantai mijitin cewe. Yah rasaya emang kaya gitu deh, kalo buat adonannya pake perasaan. Nah balik lagi ke adonan. Kalo sudah kalis didiemin dulu selama setengah jam sampe mengembang.

Kalo sudah mengembang 2 kali lipat ukurannya semula, silahkan adonannya ditinju.. hahaha ini yang paling aku suka, meninju adonan yang mengembang biar jadi kempes. Abis itu adonannya digiling n dicetak pake cetakan donat. Kalo gak punya bisa juga digepengin ditangan trus dibolongin aja tengahnya, cuma jadinya gak rapi. Beginilah hasil cetakan donatku yang masih mentah

ok lah gak terlalu rapi juga, padahal aku udah pake cetakan. Soalnya adonannya terlalu lengket. Mungkin nanti kalo udah mengembang jadi bagus. So adonannya didiemin lagi setengah jam supaya mengembang lagi abis itu digoreng deh..

Taraa... This is it, Donat ala chef Utary.


Oke oke, gak cantik-cantik amat bentuknya tapi rasanya lumayan juga lho. Apalagi setelah ditaburin meises atau dipakein gula halus.. yummm. My husband said, dont judge the donuts by its shape ^_^ 


No comments:

Post a Comment

About Me

My photo

I am trapped between raising a busy toddler and sewing. I love ice cream and can't live without my gadgets. I write to relieve my stress and I blog things that are useful or useless. both of them are important to me. They are the pretty little things in my life.

Follow by Email

Designed By Seo Blogger Templates