Pretty Little Things

6 Feb 2011

Day 3 #Misi21 : Mencari Orson

Oh Well, Sebenarnya misi ini enggak berhasil tapi ada banyak hal baru yang aku lakuin karena menjalankan misi ini, jadi anggap aja berhasil lah.. hehehe..

Orson adalah minuman jaman dulu. Aku sendiri gak terlalu ingat persisnya tapi semasa aku SD sering banget minum ini. Kasus orson ini mencuat setelah di twitter ada cowo @ahn_eleven yang nulis tentang orson n aku ikutan bala, karena kayanya familiar sama si orson ini.

Nah hari ini aku mo bernostalgia mencari minuman yg bernama orson. Kata ibuku jaman aku kecil orson ini adalah nama lain dari sirup orange. Biasanya dijual ama abang-abang didepan sekolah. Jadi kalo aku mo beli orson beli aja sirup orange, trus buat sendiri dirumah, begitu kata ibuku. Tapi kupikir ah gak seru kalo begitu.

So hari ini aku mampir ke SD didekat rumah. Ada abang-abang yang jual es aku tanyain:

Aku : "Bang, jual orson gak?"
Abang: "Orson? Apa itu?"
Aku : "Itu kaya es sirup gitu."
Abang: "Kalo es sirup ada. Mau yang Strawberry atau yang Jeruk?" sambil nawarin minuman yang warnanya kuning banget n pink banget. Ouch!

Walaupun sebenernya sama aja tapi aku gak puas kalo namanya bukan orson. Lagian abang yang jualan kayanya tampangnya jauh lebih tua dari aku kenapa dia bisa gak tau yang namanya orson? Itu kan minuman yang sangat populer taun 90an. Atau beda daerah beda kali ya.. Secara aku kan SDnya dulu di Lombok.

Baiklah karena gak nemu orson, aku iseng-iseng pengen tau jajanan anak SD jaman sekarang apaan aja. Waktu aku SD dulu, jajanannya tahu isi, bihun goreng, kue bikang sama serabi. Rupanya anak SD sekarang jajanannya sate nugget, siomay, martabak mini sama pentol bakso yang ditusuk trus dicelupin ke saos yang warnanya semerah stadion GBK waktu pertandingan AFF kemaren. Aku iseng nanya lagi sama abangnya.

Aku : "Berapaan satu bang?"
Abang : "500 sebiji" sambil ngeliatin aku dari atas sampe bawah
Aku : "Itu saosnya kok merah banget bang"
Abang : Melengos. Enggak dijawab. Pura-pura sibuk perbaiki dagangannya

Aku jadi inget sama tayangan di TV tentang saos yang pake pewarna textil. Duuh kok kayanya jajanan anak SD sekarang agak-agak berbahaya gitu ya? Sebenernya sih waktu SD itu aku sering minum orson katanya gak baik juga karena itu minuman cuma dikasi pewarna ama gula aja.

Dilema juga ya, si abang yang jualan bermaksud nyari untung tapi biar bisa jual murah. Sementara bahan-bahan yang dipake gak sehat untuk anak-anak. Well, ini bukan SD tempat anak-anak orang kaya. Mungkin uang saku anak-anak SD ini gak begitu banyak jadi mereka cuma mampu beli yang murah, sehingga abang yang jualan pun terpaksa menggunakan cara-cara yang kurang baik demi mendapatkan penghasilan untuk menghidupi keluarganya.

Hari ini, misiku mencari orson gagal. Tapi aku jadi lebih bersyukur karena aku masih mampu untuk ngebeliin anakku susu n semoga aku bisa tetep mampu nyediain makanan sehat untuk bekal anakku nanti ke sekolah supaya dia gak perlu beli makanan yang gak sehat. Etapi kasian juga dong abang-abang yang jualan jadi gak laku. Ah dilema...


No comments:

Post a Comment

About Me

My photo

I am trapped between raising a busy toddler and sewing. I love ice cream and can't live without my gadgets. I write to relieve my stress and I blog things that are useful or useless. both of them are important to me. They are the pretty little things in my life.

Follow by Email

Designed By Seo Blogger Templates