Pretty Little Things

21 Feb 2011

Day 13 #Misi21 : Belajar Mendengarkan

Hari ini adikku yang lagi buat skripsi dateng mengunjungi aku. Kebetulan banget dia datang jadi ada yang bantu2 aku ngejaga Loretta n aku punya waktu buat bersih-bersih rumahku yang sudah berantakan. Tapi bersih-bersih rumah kan hal biasa ya... Jadi gak bisa kumasukkin ke dalam hal baru yang harus aku lakukan dalam rangka #misi21.

Well aku masih belajar menggambar n aku baru selesai baca buku Edward de Bono : How To Have a Beautiful Mind halaman 66. Aku bahkan nemu kosakata baru dalam bahasa inggris dibuku itu yang aku gak ngerti yaitu Frivolous yang ternyata artinya adalah sembrono. Di halaman 66 itu membahas How to Listen  yaitu cara-cara mendengarkan yang baik. Aku belum baca sih detailnya dan selama ini aku pikir aku adalah pendengar yang cukup baik sampai hari ini adikku cerita macem-macem hal tentang kuliahnya, teman-temannya dan sebagainya dan aku sama sekali gak tertarik n terus-terusan memotong ceritanya dengan ceritaku.

Aku baru nyadar pas dia lagi cerita. Ada keinginan menggebu-gebu untuk memotong ceritanya n memaksanya ngedengerin ceritaku aja. What a jerk I am. Aku jadi berpikir apakah aku juga berbuat begitu pada yang lain? Aku jadi ingat kalo ditempat kerja aku cerita tentang sesuatu semuanya mendengarkan dan aku sendiri cerita dengan sangat seru, bahkan ada yang memuji bahwa aku tu enak didengerin kalo cerita. Tibatiba sekarang aku ragu kalo itu adalah pujian. Aku yakin itu adalah sindiran karena aku cerita tanpa henti, tanpa ada kesempatan orang lain untuk merespon atau gantian cerita. Oh My God!

Akhirnya aku nemu juga hal baru yang harus aku lakukan untuk hari ini yaitu belajar mendengarkan, menyimak, menghormati orang lain yang lagi cerita, menunjukkan interest pada apa yang diceritakan orang. Well sebelum tidur malam ini aku harus baca bab belajar mendengarkan sampai habis supaya bisa segera kupraktekkan n mengubah diriku jadi orang yang rela mendengarkan.

Sore ini adikku cerita lagi tentang mantan-mantannya n aku diam mendengarkan. walaupun *sumpe deh* aku pengen banget motong ceritanya n cerita juga tentang mantanku, tapi aku berhasil menahan diri. Yes! Aku hebat hari ini!


No comments:

Post a Comment

About Me

My photo

I am trapped between raising a busy toddler and sewing. I love ice cream and can't live without my gadgets. I write to relieve my stress and I blog things that are useful or useless. both of them are important to me. They are the pretty little things in my life.

Follow by Email

Designed By Seo Blogger Templates