Pretty Little Things

7 Jan 2011

I'm now officially a mommy

21 December 2010

Hari ini aku melahirkan bayi perempuan di rumah sakit Puri Bunda Denpasar. Rasanya gimana ya? Seneng karena bayinya udah lahir sehat dan sempurna, Takut karena belum bisa ngurus bayi n Blank karena sama sekali gak kepikiran gimana masa depannya nanti.

Aku bahkan sama sekali gak bisa mikir waktu dateng ke rumah sakit pagi2 buta. Memang sudah janjian dengan dokter Kadek Suyasa Jaya untuk operasi cesar hari ini. Kenapa aku milih operasi? Ah gak usah dibahas deh, nanti berdebat soal bagusan kalo lahir normal dan sebagainya..

Aku langsung dimasukkan keruang steril, disuruh buka baju semuanya n ganti pake piyama rumah sakit yang warnanya ijo. Satu hal yang aku suka dari rumah sakit ini adalah: sama sekali gak ada bau rumah sakitnya, jadi aku agak2 ngerasa sedikit tenang.

Mbak2 bidan yang cantik dateng n ngejelasin bahwa aku akan diinfus, suamiku lalu disuruh tanda tangan sesuatu n aku juga. Aku gak baca sama sekali apa yg kutanda tangan, whateverlah yg penting cepet selesai. Tapi sebenernya bahaya juga sih ya. Gimana kalo ternyata yang kutanda tangan adalah surat yg membolehkan mereka nyuntik mati aku, atau surat keterangan untuk menyerahkan semua hartaku kalo operasinya berhasil *ouch.. mulai menghayal yang enggak enggak*

Habis diinfus, kira2 setengah jam kemudian.. oya sebelum masuk ke ruang operasi, aku msh sempat narsis2an dulu...


Hahaha.. norak bgt sih.. *blushing*
Aku langsung dibawa masuk ke ruang operasi. Rasanya kaya disinetron2, suamiku ikut disampingku sambil megang tanganku n aku sempet bilang ke dia, kalo terjadi sesuatu sama aku jgn lupa klaim asuransi. Huss! suamiku langsung bilang gak akan terjadi apa2. Ibuku juga ikut dibelakangku n aku tau dia sangat khawatir. Keliatan dari raut mukanya yang hampir nangis. Aku sendiri agak takut juga sih, ini adalah operasi pertamaku seumur idup. Aku bahkan samasekali gak pernah diinfus. Rasanya udah campur aduk kaya rujak.

Ruang operasi itu penuh warna ijo n dokter dan perawat juga pake baju ijo, shower cap ijo (eh bener ya kalo diruang operasi itu namanya shower cap juga? mungkin operation cap kali karna kan mereka make penutup kepala itu bukan buat mo shower atau mandi.. #eh) pokoknya semua serba ijo. Aku jadi inget ama temenku si Novi yang suka banget ama apapun yang serba ijo, aku yakin dia pasti suka kalo masuk ke ruangan ini.

Aku ditempelin kabel2 yang terhubung ke mesin yang ada indikator bergerak zigzag. Aku tau kalo indikator itu garisnya lurus berarti aku meninggal, Oh God! Dokter anestesi memperkenalkan diri n ngasi tau kalo punggungku bakalan disuntik n dari pinggang kebawah akan terasa berat. Aku nanya disuntiknya berapa kali dok? n dia jawab cuma sekali aja. Aku lega. Soalnya ada temenku yang nakut2in katanya disuntiknya ampe 6 kali. Buseett.

Dokternya ngajak2 aku ngobrol n tiba tiba punggungku rasanya kaya disengat lebah. Cuma sebentar n kakiku langsung gak kerasa lagi. Dokter Suyasa Jaya, dokter bedahnya lalu datang n ngasi tau operasinya cuma sebentar aja kok, jangan khawatir katanya sambil nepok2 bahuku. Lalu perawat masukin selang ke idungku n aku mulai ngerasa ngantuk berat.

Rasanya aku baru tidur sebentar tiba2 aku denger suara bayi nangis n ada bayi ditaro didadaku n ada orang ngomong, "ibu bayinya sudah lahir, perempuan dan sehat" aku iya2 aja karna sangat ngantuk. Bayinya diambil dari dadaku n aku tertidur lagi. Pas uda nyadar, selang idungku udah dicabut n aku didorong keluar ruang operasi. Perawat ngasi tau kalo aku akan ditaro diruang pemulihan selama 30 menit.

Suamiku langsung dateng n nyium keningku. Aku nanya2 sama mereka bayinya mana? suamiku ngasi tau kalo bayinya udah dibawa ke ruang bayi n bayinya sehat2 aja. Aku langsung cerita ke dia tentang keadaan diruang operasi, sambil berusaha ngegerakin jempol kakiku yang gak kerasa apa2. Rasanya kaya gak punya kaki. Mo sharing berita bahagia ke temen2 n keluarga aku langsung kirim2 sms n update status *jiaaah mommy exist*

Baiklah sekian dulu cerita tentang kelahiran bayiku dengan operasi cesar. So buat calon ibu2 yang mo melahirkan tapi milih operasi, silahkan dilanjutkan karena sakitnya sangat sedikit sekali. #provokator #jangandiikutin #abaikan #melahirkannormallebihbaik #tanyadokter

Ps: sorenya aku sudah bisa duduk walopun masih agak pusing, besok paginya pas infusnya udah dicabut aku udah bisa jalan2 kesana kemari. Seminggu kemudian, perbannya dilepas n luka bekas operasi sudah sembuh dan kering. Canggih kan. Kata dokterku operasi jaman sekarang udah gak kaya dulu, sekarang sembuhnya cepet n bekasnya juga sedikit. Tapi tergantung dokter ama rumah sakitnya kali ya.. soalnya ada juga temenku yang koma seminggu seabis operasi cesar #nakut-nakutin


2 comments:

  1. Nice blog, nice posting :)
    salam kenal :)
    btw lebay deh khayalan ttg tandatangan surat yg kmu gak baca isinya itu. hehe.. *felt a bit offended*, itu cuma pernyataan bahwa pasien stuju dilakukan tindakan medis (dalam hal ini operasi cesar), gak ada yg lain kok.
    hehe iyaa ak tau itu bcanda..
    hehe..

    ReplyDelete
  2. Hi Ayu, makasi ya dah mampir dan ampuni kelebay-an ku, maklumlah kebanyakan menghayal n nonton film n sinetron jadinya suka menghayal yang enggak2 gitu deh hehehe..

    ReplyDelete

About Me

My photo

I am trapped between raising a busy toddler and sewing. I love ice cream and can't live without my gadgets. I write to relieve my stress and I blog things that are useful or useless. both of them are important to me. They are the pretty little things in my life.

Follow by Email

Designed By Seo Blogger Templates