Pretty Little Things

7 Oct 2010

Anjingku Melahirkan

Hari ini bagiku sungguh menegangkan, ngeri, takut, serem dan sebagainya..
Hari ini dimulai dengan hujan deras pagi2 n anjing kesayanganku si Ebony yg lagi hamil tua, malah tidur dilantai bawah bukannya di teras. Begitu hujannya selesai, aku segera keluar bawa handuk buat ngeringin bulunya yang agak basah. Waktu kuhandukin aku liat dia gemetar, kupikir karna kedinginan jadinya handuknya akhirnya aku bungkusin ke badannya..
Dia terus gemetar sambil nangis-nangis, napasnya tersengal tersengal n gelisah banget, langsung dah aku curiga kalo dia mau melahirkan.. Omaegot, ini pengalaman pertama anjing goldennku melahirkan n pengalaman pertama buat aku juga..

Aku langsung nelpon dokter hewan yang ternyata gak bisa segera dateng karna lagi operasi cesar anjing lain yang juga melahirkan. Aku mulai panik. Aku siapin semua handuk n keset handuk dipojokan ruang cuci, maksudku biar dia melahirkannya disitu, ternyata dia malah masuk kamarku n mojok disitu sambil nangis n gak mau pindah. Aku jadi bingung, masa mo melahirkan dikamarku sih duuuh, repotnya..

Akhirnya semua handuk n keset kupindahin ke kamarku, aku punya sarung tangan plastik buat berkebun, kusiapin juga.. Kupindahin semua sofa n barang2 kecil disekitarnya.. Gosh, kenapa suamiku pas pergi kerja dia mo melahirkannya. Aku nelponin suamiku juga dengan panik n pas aku nelepon si Ebony nangis tambah keras, terpaksa aku elus elus sambil nelpon sambil beres2..

Kira2 setengah jam kemudian, napasnya semakin cepet, perutnya keliatan kontraksi n dengan sedikit teriak.. blesss.. keluarlah bayi anjing yang masih utuh didalam lapisan tipis yang penuh berisi air n ada ari2nya juga, aku jadi panik n langsung nelpon dokternya, ini bayinya mesti diapain.. pak dokter nyuruh aku ngerobek selaputnya n ngebuka mulut bayi anjingnya, haduh dengan sarung tangan plastik n rasa ngeri teramat sangat aku ngerobek selaput itu, trus cairannya langung keluar n Ebony langsung ngejilat jilat bayinya.. Aku ketakutan mo ngebuka mulut anjingnya soalnya mulutnya kecil banget n penuh lendir...

Aku usap2 aja pake tissue biar kering n Ebony mulai ngemakan ari2 nya. Pak dokter nyuruh aku ngiket tali pusarnya n digunting, waduh aku udah mo nangis tuh disuruh ngegunting tali pusar. Saking takutnya aku biarin aja Ebony yang akhirnya mutusin tali pusarnya dengan digigit. Bayinya langsung kuangkat n kutaro diperutnya, dia langsung mo nyusu.. haduuuh agak lega deh soalnya bayinya idup.. aku memohon2 supaya pak dokternya cepetan dateng soalnya aku udah diserang panik tingkat tinggi n rasanya aku dah mo muntah saking paniknya.

Gak berapa lama, tiba2 satu bayi lagi keluar.. awww aku cepet2 ngerobek selaputnya dengan ngeri kuusap2 pake tissue. Ebony langsung juga ngejilat jilat n makan ari2nya.. Aku dah gak berani ngeliatnya.. Kutaro lagi bayi satunya diperutnya. Untungnya pak dokter cepet dateng, aku langsung lari keluar mo bukain pintu.. Anehnya si Ebony malah ngikutin aku n nelantarin kedua anaknya.. rupanya dia gak mau kalo aku tinggal.

Pak dokter dengan sigap langsung ngiket tali puser yang tadi udah diputusin ebony tru digunting lagi biar rapi. Katanya tujuannya diiket itu supaya gak bedarah n nanti kalo kena isep ama sodara2nya juga gak bedarah. Trus pak dokter juga ngasi suntikan untuk merangsang kontraksi supaya anaknya yang lain cepet keluar.

Aku cuma ngeliatin aja waktu anaknya yang ketiga n keempat lahir lagi, sambil terus usap2 kepalanya Ebony. Kasian dia udah lemes banget... mana sebelumnya dia sama sekali gak mau makan sejak tadi malem walopun makanannya kukasiin ayam. Akhirnya anaknya yang kelima lahir n dokternya bilang anaknya cuma lima aja. What! lima udah banyak pak bagiku!

Aku langsung pindahin bayi2nya keruang cuci yang aku alasin koran plus banyak handuk n kain bekas. Ebony keluar rumah buat pipis n minum air lalu balik lagi ke tempat anak2nya n mereka semua langsung menyusui sampe perutnya gendut.

Pak dokternya langsung pamit karna udah ditelponin lagi ada anjing doberman mo melahirkan. wow, sibuk sekali pak dokternya n banyak juga anjing yang melahirkan hari ini. Abis dokternya pergi aku langsung bersih2 n sterilisasi.. lantai kusiram pake bayclin biar gak ada kuman nempel, abis itu kupel lagi pake carbol n handuk2 yang tadi bekas2 darah n air ketuban kubuangin semuanya.. gak tega aku mo nyucinya.. sudahlah dibuang aja..

Ebony juga kumandiin bagian belakangnya aja n kushampooin supaya bekas2 darahnya hilang. langsung kulap ampe kering n ku hair dryer nyambi dia menyusui anaknya.. Haduuuh.. hari yang sungguh melelahkan dan menegangkan.. hampir 2 jam Ebony melahirkan 5 anak anjing. Aku langsung nelepon suamiku lagi nyuruh dia mampir di pet shop beli kalsium tambahan buat Ebony..

Sekarang aku punya 5 anak anjing lagi. Pastinya anak anjing itu kujual, gak kupelihara karna aku dah punya 3 peliharaan n gak sanggup lagi aku melihara yang lain. Tapi kan masih lama jadi aku masih bisa enjoy dulu selama mereka masih cute puppies..



No comments:

Post a Comment

About Me

My photo

I am trapped between raising a busy toddler and sewing. I love ice cream and can't live without my gadgets. I write to relieve my stress and I blog things that are useful or useless. both of them are important to me. They are the pretty little things in my life.

Follow by Email

Designed By Seo Blogger Templates